Image
By agus

Monev Trantibum Pasar Padarincang

Senin, 01 April 2019; |  Jam 15:29:20 WIB  |  0 comments

Pada tanggal 28 Maret 2019  Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP ) melaksanakan monitoring dan evaluasi ketentraman dan ketertiban umum dipasar Padarincang  Kecamatan Padarincng, Satpol PP  memantau kegiatan dipasar padarincang, para personil Satpol PP berjaga jaga disekitar pasar untuk memberikan rasa nyaman bagi masyarakat sekitar.

Padarincang adalah sebuah kecamatan  di Kabupaten Serang, Provinsi Banten,Indonesia. padarincang terbagi dalam 14  desa di antaranya, Barugbug, Batu Kuwung, Bugel, Cibojong, Ciomas, Cipayung, Cisaat, Citasuk, Curug Goong, Kadu Beureum, Kadu Kempong, Kalumpang, Kramatlaban dan Padarincang.

Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur,hubungan sosial dan infrastruktur  tempat usaha menjual barang, jasa  dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. 

Satpol PP  adalah perangkat Pemerintah Daerah  dalam memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah.  Organisasi dan tata kerja Satuan Polisi Pamong Praja ditetapkan dengan Peraturan Daerah.

Tugas dari Satpol PP sudah di atur dalam PP Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja. Sesuai  Undang- Undang  Nomor  32  Tahun  2004 tentang  Pemerintahan. Daerah  bahwa  penyelenggaraan  ketertiban  umum  dan  ketenteraman masyarakat merupakan  urusan  wajib  yang  menjadi  kewenangan pemerintah daerah termasuk penyelenggaraan perlindungan masyarakat. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bertugas membantu kepala daerah untuk menciptakan suatu kondisi daerah yang tenteram, tertib, dan teratur sehingga penyelenggaraan roda  pemerintahan dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat dapat melakukan kegiatannya dengan aman.

 

Oleh karena itu, di samping menegakkan Perda, satpol PP juga dituntut untuk  menegakkan kebijakan pemerintah daerah lainnya yaitu peraturan kepala daerah. Untuk memaksimalkan kerja Satpol PP, perlu dibangun kelembagaan Satpol PP  yang mampu  mendukung terwujudnya kondisi daerah yang tenteram, tertib, dan teratur tentunya tidak dengan cara kekerasan.

 

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu chasanah berharap dengan adanya tindakan pengawasan penertiban pasar yang dilakukan oleh Satpol PP akan meningkatkan kelancaran perekonomian masyarakat utamanya di daerah Pasar menurunkan angka kriminalitas baik yang berupa pelanggaran Perda berjualan di sembarang tempat ataupun tindakan kriminal lainnya yang akan merugikan masyarakat umum dengan adanya tindakan monitoring ini diharapkan akan memperlancar perekonomian masyarakat yang pada akhirnya akan meningkatkan indeks pembangunan manusia di wilayah Kabupaten Serang.