Image
By agus

Logistik Pemilu ke Kecamatan Tunjung Teja

Senin, 22 Maret 2019; |  Jam 16:12:01 WIB  |  0 comments

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Serang telah mengirimkan logistik pemilu ke sejumlah kecamatan, Kecamatan Tunjung Teja sebagai salah satu wilayah yang dikirim logistik berupa bilik suara pada 21 Maret 2019.  Logistik di terima oleh PPK Kecamatan dan keadaan aman. Pengiriman ini mendapat pengawalan dari aparat keamanan.  Proses distribusi berjalan dengan lancar sampai ke tujuan.

Wilayah Kecamatan Tunjung Teja yang terdiri dari 9 Desa yaitu Desa Bojong Catang, Bojong Menteng, Bojong Pandan, Kemuning, Malanggah, Pancaregang, Panunggulan, Sukasari dan Tunjung Teja memiliki jumlah TPS yang banyak sesuai dengan peraturan. Logistik yang diterima akan di periksa oleh PPK Kecamatan untuk kemudian nanti didistribusikan ke TPS-TPS yang berada di wilayah Tunjung Teja.

Sesuai dengan tugasnya PPK Kecamatan membantu KPU Kabupaten dalam menyelenggarakan pemilihan.  Sebagaimana disebut dalam Pearaturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2014 tugas PPK Kecamatan antara lain membantu KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, Daftar Pemilih Sementara, dan Daftar Pemilih Tetap; membantu KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dalam menyelenggarakan Pemilihan; melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilihan di tingkat Kecamatan yang telah ditetapkan oleh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota; menerima dan menyampaikan daftar pemilih kepada KPU Kabupaten/Kota; mengumpulkan hasil penghitungan suara dari seluruh PPS di wilayah kerjanya.

Tugas lainnya dari PPK Kecamatan adalah melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam rapat yang dihadiri oleh saksi peserta Pemilihan dan Panwas kecamatan; mengumumkan hasil rekapitulasi; menyerahkan hasil rekapitulasi suara kepada seluruh peserta Pemilihan; membuat berita acara penghitungan suara serta membuat sertifikat penghitungan suara dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta Pemilihan, Panwas Kecamatan, dan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

Lebih lanjut tugas PPK Kecamatan adalah menindaklanjuti dengan segera temuan dan laporan yang disampaikan oleh Panwas Kecamatan; melakukan evaluasi dan membuat laporan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilihan di wilayah kerjanya; melakukan verifikasi dan rekapitulasi dukungan calon perseorangan; melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan dan/atau yang berkaitan dengan tugas dan wewenang PPK kepada masyarakat; melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban lain yang diberikan oleh KPU Kabupaten/Kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban lain yang diberikan oleh ketentuan peraturan perundang-undangan.

Logistik Pemilu 2019 diharapkan sudah diterima semua pada awal April 2019  karena mendekati hari pemilihan umum kepada 17 April. PPK Kecamatan akan berkoordinasi dengan PPS untuk pengiriman logistik ke TPS-TPS untuk kelancaran pemilu yang akan segera dilaksanakan.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bahwasanya dengan adanya pesta demokrasi yang akan berlangsung tanggal 17 April mendatang berlangsung dengan tertib lancar langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Masyarakat agar menentukan pilihan sesuai dengan hati nuraninya hal ini agar stabilitas sosial politik di wilayah Kabupaten Serang agar tetap terjaga secara kondusif yang pada akhirnya akan berpengaruh pada pembangunan Kabupaten Serang untuk  masa saat ini dan kedepannya