Image
By agus

Sosialisasi Pemilu dengan Tokmas

Senin, 04 Maret 2019; |  Jam 16:09:45 WIB  |  0 comments

Pemerintah Kabupaten Serang melalui Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Setda Kabupaten Serang bersama Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Serang menyelenggarakan Sosialisasi Pemilu di Aula Tb. Suwandi pada akhir Februari lalu. Sosialisasi dihadiri Asda I  dan tokoh masyarakat Kabupaten Serang. Sosialisasi juga merupakan strategi agar para peserta pemilu tidak lupa, mengingat masih ada satu  bulan lagi menuju hari pemilihan. Acara ini juga sebagai upaya yang dilakukan KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Disampaikan dalam sambutan narasumber bahwa upaya Pemerintah Daerah dalam upaya mengejar target pemilih di wilayah pemilihan dengan tingkat partisipasi 80 persen dan diharapkan setelah acara selesai  masyarakat menjadi paham dan memahami setiap tahapan dalam pemilu. Himbauan masyarakat agar bisa memberikan hak suaranya dan tidak golput. Pemerintah Daerah akan melindungi hak pilih masyarakat dan meminta tokoh masyarakat juga ikut mengajak masyarakat lainnya untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019. Para Tokoh Masyarakat ini berasal dari perwakilan 29 kecamatan yang ada se-Kabupaten Serang. Luasnya wilayah Kabupaten Serang dan besarnya potensi pemilih pemilu diharapkan target partisipasi pemih tercapai.

Dalam acara ini diperkenalkan pula tata cara pemilihan kepada masyarakat dan contoh surat suara yang akan dipilih pada 17 April mendatang. Surat suara itu diantaranya Pilpres, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten. Ditegaskan dalam sosialisasi pada Pemilu 2019 terdapat lima kotak dan lima surat suara. Banyaknya partai politik dan calon legislative tentu membuat pemilih bingung. Untuk itu diharapkan agar pemilih mengenali dulu partainya dan orangnya.

Masyarakat juga diharapkan untuk melindungi hak pilihnya dengan mengecek nama  dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sudah terdaftar atau belum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) agar tidak menimbulkan masalah pada saat acara pemilihan berlangsung. Pemilih pemula juga diharapkan semuanya berpartisipasi menggunakan hak pilihnya.

Dilanjutkan dalam sosialisasi himbauan kepada para ASN untuk berhati-hati dalam mensosialisasikan pemilu kepada masyarakat di lingkungannya ataupun di media sosial karena ASN dituntut untuk bersikap netral. Pemkab Serang juga mensosialisasikan kepada camat, dan pelaksanaan sosialisasi harus hati-hati, harus dapat menjaga tutur bahasa, karena sanksinya terlalu berat.


Pemilih peserta pemilu agar tidak bosan untuk membaca, memahami, dan menjalankan peraturan yang ada, guna mencegah adanya pelanggaran. Pemilih harus mengetahu surat suara yang sah seperti apa. Jangan sampai apa yang sudah dipilih tidak dapat digunakan atau tidak sah. Selain mengenali lambang partai  juga nama calon yang akan didukung. Karena lambang dan nama partai mirip sehingga harus jeli.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bahwasanya dengan adanya pesta demokrasi yang akan berlangsung tanggal 17 April mendatang berlangsung dengan tertib lancar langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dan agar para ASN yang bekerja di lingkup Pemerintah Kabupaten Serang mampu menjaga netralitas dalam seluruh proses pemilihan umum pada akhirnya 17 April 2019 menentukan pilihan sesuai dengan hati nuraninya hal ini agar stabilitas sosial politik di wilayah Kabupaten Serang agar tetap terjaga secara kondusif yang pada akhirnya akan berpengaruh pada pembangunan Serang untuk  masa saat ini dan kedepannya.