Image
By agus

Apresiasi Katadata untuk Dinas Kesehatan Kab.Serang

Selasa, 19 Maret 2019; |  Jam 16:21:57 WIB  |  0 comments

Dinas Kesehatan Kabupaten Serang mendapatkan apresiasi  penghargaan dari Katadata Insight Center (KIC) pada akhir tahun 2018 lalu. Penghargaan ini merupakan penghargaan bidang kesehatan dari penilaian indeks kelola yang mengukur efektivitas penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Penilaian Tim Ahli diberikan kepada Pemda yang paling efektif dalam mengelola anggaran. Tim ahli yang terdiri dari Kepala Pokja Pemantauan dan Evaluasi  Tim Nasional Percepatan Pemberantasan Kemiskinan (TNP2K) dan para ahli ekonomi independen yang salah satunya adalah pengajar dari fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Gajah Mada (UGM). Selain Dinkes Kabupaten Serang, penghargaan serupa diperoleh 12 pemda lainnya.

Penghargaan ini merupakan hasil penelitian mulai dari seleksi administrasi terhadap 508 kabupaten dan kota dan diperoleh indeks kelola tertinggi di bidang pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dan pembangunan ekonomi versi katadata. Katadata sendiri merupakan  perusahaan media, data dan riset online di bidang ekonomi dan bisnis. Didirikan pada 1 April 2012 di Jakarta, perusahaan ini menyajikan berita, informasi, data, dan hasil riset secara mendalam bagi kepentingan para pemimpin bisnis dan pengambil kebijakan, namun dikemas secara lugas dan atraktif agar mudah dipahami publik. Karena itu, berita dan informasi tak hanya disajikan dalam bentuk teks, melainkan juga dalam tampilan visual yang memikat.

Dinas Kesehatan dalam struktur APBD nya pada tahun 2018 menangani urusan kesehatan melalui belanja tidak langsung senilai kurang lebih 145 M yang mana terdiri dari belanja pegawai dan belanja barang dan jasa serta belanja modal. Belanja pegawai digunakan untuk kegiatan yang ada di 31 puskesmas/pustu yang tersebar di wilayah Kabupaten Serang serta Dinas Kesehatan beserta perangkat yang menangani urusan kesehatan. Belanja Modal tahun 2018 menghabiskan kurang lebih 12 M untuk perbaikan gedung dan pembelian peralatan medis di puskesmas dan sebagainya. Begitu pulang dengan Belanja Barang dan jasa digunakan selain untuk aktivitas kegiatan perkantoran juga dilakukan prasarana dan sarana yang menunjang pelayanan kesehatan masyarakat.

Sesuai tugas, pokok dan fungsi Dinas Kesehatan dalam menangani urusan kesehatan melaksanakan berbagai macam program dan kegiatan yang terkait dengan pelayanan kesehatan masyarakat. Program tersebut antara lain program obat dan perbekalan kesehatan, program upaya kesehatan masyarakat, program pengawasan obat dan makanan, program promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, program perbaikan gizi masyarakat, program pengembangan lingkungan sehat, program pencegahan dan penanggulangan penyakit menular program standarisasi pelayanan kesehatan, program pelayanan kesehatan penduduk miskin, program pengadaan peningkatan perbaikan sarana dan prasarana PKM/Pustu, program kemitraan peningkatan pelayanan kesehatan, program kemitraan pelayanan kesehatan anak balita, peningkatan keselamatan ibu melahirkan dan anak dan program peningkatan pelayanan kesehatan lansia.

Keseluruhan program di lakukan oleh bidang-bidang yang ada di Dinas Kesehatan dan Puskesamas/Pustu se-Kabupaten Serang. Struktur Organisasi OPD Dinas Kesehatan terdiri dari sekretariat dan 4 bidang yaitu bidang pelayanan kesehatan, bidang kesehatan masyarakat, bidang pencegahan dan pengendalian penyekit serta bidang sumber daya kesehatan. Masing-masing bidang terdiri dari 3 seksi.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyambut baik penghargaan ini yang mengukur efektivitas pengelolaan anggaran. Urusan kesehatan merupakan urusan wajib dan penting untuk diperhatikan menyangkut derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Serang. Kesehatan yang prima menjadi modal untuk melakukan aktivitas kerja dan pembangunan yang pada akhirnya akan meningkatkan indeks pembangunan manusia di wilayah Kabupaten Serang.