Image
By Administrator

Apel Siaga Linmas Lebak Wangi

Jumat, 14 Maret 2019; |  Jam 15:49:29 WIB  |  0 comments

Menjelang Pemilihan Umum, Kecamatan Lebak Wangi mengadakan apel kesiapan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) pada 12 Maret Lalu. Hadir pada apel tersebut Bapak Kapolsek, Pengawas Pemilu (Panwas), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia pemungutan Suara (PPS) dan unsur lainnya. Satuan Linmas mempunyai peran penting dalam berbagai aspek penyelenggaraan pemerintah daerah dan sebagai pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 48 tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat, di mana pada pasal 9 disebutkan salah satunya tugas Satuan Linmas adalah membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu.

 

Dalam amanatnya pada apel kali ini Kapolsek menyampaikan ajakan untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas selama tahapan pemilu 2019 agar tetap aman.  Karena setiap tempat pemungutan su­ara (TPS) akan dikawal dua ang­gota satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) maka Koordinasi harus dilakukan dengan pihak Kepolisian dan TNI karena personil linmas bertugas membantu Polri menjaga keamanan di TPS nantinya pada pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019. Karena Pemilu sudah sangat dekat maka kesiapan personil Linmas yang ditugaskan harus disiagakan segera.

 

Petugas Linmas yang sudah di tugaskan sesuai Surat Keputusan dari KPU Kabupaten dalam melaksanakan tugas pokok dilapangan pada saat pelaksanaan harus bertindak sesuai koridor dan tugas yang berlaku tanpa melenceng dari apa-apa yang diperintahkan dan senantiasa membangun koordinasi dan sinergi bersama TNI/Polri serta lembaga masyarakat dalam melaksanakan tugas pokok di lapangan.

Sebagai unsur terdepan dalam pengamanan, anggota Linmas hendaknya harus berpenampilan yang rapih, bersih sehingga akan disegani oleh masyarakat dalam bertugas. Disamping itu sebagai panutan warga masyarakat dan pada saatnya bertugas harus tegas dan cekatan melihat situasi yang memicu gangguan pelaksanaan pemilu serta mencegah tindakan anarkis.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyambut positif kegiatan ini dan berharap Pemilihan Umum yang akan tiba dapat berjalan lancar, aman, tertib sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitas sebagaimana biasanya sebelum dan sesudah pemilihan. Dengan aman dan tenangnya serta kondusifnya situasi akan menambah semangat pembangunan dan hasil pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat dan hal ini meningkatkan indeks pembangunan masyarakat Kabupaten Serang.

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar