Image
By agus

Pelatihan dan Pembinaan Kewirausahaan

Rabu, 12 Maret 2019; |  Jam 11:26:49 WIB  |  0 comments

Dalam rangka peningkatan upaya penumbuhan kewirausahaan, Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Koperasi Perdagangan dan Industi melaksanakan Pelatihan dan Pembinaan Kewirausahaan bagi Wirausahawan Pemula di Cikande. Acara yang dihadiri oleh OPD terkait dan warga Kecamatan Cikande yang sudah dan akan merintis usaha, turut hadir pula unsur Pemerintah Kecamatan Cikande.

Acara serupa  akan digelar sebanyak 5 Angkatan di tempat lain Kecamatan Cikande yaitu Kecamatan Petir, Kramatwatu, Anyer dan Cinangka dengan target sebanyak 376 orang mengikuti kegiatan tersebut. Wirausaha perlu dibina mengingat banyaknya problematika dalam mengembangkan produk yang dihasilkan dan perlu didorong agar dapat tumbuh kembang dengan baik secara terus-menerus. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya

Dalam penjelasan Diskoperidag menyatakan bahwa program kewirausahaan akan mengembangkan kemampuan analitis dan kompetensi strategis yang diperlukan bagi yang ingin menjadi pengusaha atau telah menjadi bagian dari bisnis yang berkembang. Keterampilan praktis yang tercakup dalam banyak program kewirausahaan termasuk mengidentifikasi peluang kewirausahaan, membuat rencana bisnis, mengamankan dukungan finansial dan mengkoordinasikan pertumbuhan bisnis.

Lebih lanjut dijelaskan ada beberapa hal yang terkait dengan sikap dan jiwa wirausaha, yaitu sumber ide bisnis, peluang usaha, analisis peluang usaha, perencanaan usaha dan menjalankan usaha. Seseorang sering bingung untuk memulai usaha yang hendak ditekuni, karena tidak ada ide untuk bisnis (usaha). Beberapa sumber ide yang digunakan untuk memulai usaha adalah dari pekerjaan atau keterampilan, dari minat dan hobi, dari pengamatan, dan dapat juga dari pengalaman. Ada beberapa alternatif  peluang usaha yang dapat dijadikan sebagai dasar dalam melihat peluang usaha antara lain menghasilkan barang atau jasa yang masih baru, menghasilkan barang yang jenisnya sama tetapi modelnya baru, menghasilkan barang/jasa disesuaikan dengan selera konsumen.  Dan menghasilkan barang/jasa tiruan yang baru, yang telah dilakukan berbagai modifikasi terhadap barang tersebut. 

 

 Hal terakhir yang penting pula dari kewirausahaan adalah menjalankan Usaha tersebut, Dalam menjalankan usaha ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu tujuan usaha, sarana usaha (tenaga kerja, peralatan, bahan, permodalan dan pertimbangan ekonomi, bentuk usaha produk atau jasa, proses rencana (perencanaan pengadaan produk, membeli produk pihak lain, rencana penjualan, rencana tempat kerja, dan sarana pembantu, pelaksanaan dan pemasaran (pelaksanaan, pemasaran, pengawasan, dan penilaian hasil usaha.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyambut baik pelatihan dan pembinaan wirausahaan dan berharap tumbuh kembangnya jiwa kewirausahaan akan meningkatkan taraf hidup individu dan masyarakat sekitarnya. Apabila usaha yang dijalankan semakin berkembang dan maju tentu akan meningkatkan indeks pembangunan manusia di wilayah Kabupaten Serang