Image
By Administrator

Sosialisasi Bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa

Rabu, 12 Maret 2019; |  Jam 08:59:18 WIB  |  0 comments

Kebijakan pemerintah tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Nasional (BPJS) perlu diketahui dan dipahami oleh seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu perlu dilakukan penyebarluasan informasi melalui sosialisasi kepada semua pemangku kepentingan dan masyarakat pada umumnya. Berkaitan hal tersebut BPJS Kesehatan menyelenggarakan Sosialisasi JKN-KIS bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa Wilayah Kabupaten Serang awal Maret lalu.

Kepala Desa dan Perangkat Desa merupakan lembaga yang sangat dekat dengan masyarakat sehingga diharapkan pengetahuan yang diperoleh nantinya akan tersebar lagi ke masyarakat umum dan mampu mengajak masyarakat untuk manjadi peserta JKN-KIS. Pemerintah Kabupaten Serang merupakan wilayah yang memiliki 29 Kecamatan dengan 300 desa yang tersebar.

Dalam sosialisasi ini dijelaskan bahwa setiap peserta berhak memperoleh manfaat jaminan kesehatan yang bersifat pelayanan kesehatan perorangan, mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif termasuk pelayanan obat dan bahan medis habis pakai sesuai dengan kebutuhan medis yang diperlukan. Manfaat jaminan kesehatan sebagaimana dimaksud terdiri atas manfaat medis dan manfaat non medis. Manfaat medis tidak terikat dengan besaran iuran yang dibayarkan. Manfaat non medis meliputi manfaat akomodasi, dan ambulans.

Dijelaskan pula oleh Pembicara dalam sosialisasi ini bahwa pelayanan kesehatan yang dijamin meliputi pelayanan kesehatan tingkat pertama dan pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan. Pelayanan kesehatan tingkat pertama yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup administrasi pelayanan, pelayanan promotif dan preventif, pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis,  tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif, pelayanan obat dan bahan medis habis pakai, transfusi darah sesuai dengan kebutuhan medis, pemeriksaan penunjang diagnostik laboratorium tingkat pratama dan rawat inap tingkat pertama sesuai dengan indikasi.

Sedangkan Pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan, yaitu pelayanan kesehatan mencakup rawat jalan dan rawat inap. Rawat jalan yang meliputi administrasi pelayanan, pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi spesialistik oleh dokter spesialis dan subspesialis,  tindakan medis spesialistik sesuai dengan indikasi medis, pelayanan obat dan bahan medis habis pakai, pelayanan alat kesehatan implant, pelayanan penunjang diagnostik lanjutan sesuai dengan indikasi medis, rehabilitasi medis, pelayanan darah, pelayanan kedokteran forensik, pelayanan jenazah di fasilitas kesehatan. Serta rawat inap yang meliputi perawatan inap non intensif, perawatan inap di ruang intensif dan pelayanan kesehatan lain ditetapkan oleh Menteri.

 

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan agar masyarakat dapat memanfaatkan jaminan kesehatan nasional atau JKN- KIS efektif dan efisien sehingga tidak ada lagi kasus-kasus di mana sakit sampai tidak mendapatkan perawatan medis hanya karena tidak memiliki biaya.

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar