Image
By agus

Pengecekan Kendaraan Dinas

Kamis, 15 Januari 2019; |  Jam 10:36:49 WIB  |  0 comments

Pemerintah Kabupaten Serang melalui BPKAD melakukan pengecekan kendaraan dinas yang ada dilakukan di Lapangan Upacara Pendopo Kabupaten Serang. Pengecekan kendaraan  di lingkungan Sekretariat daerah Kabupaten Serang rutin dilakukan dengan tujuan selain menginventarisasi jumlah kendaraan dan kelayakan kondisi kendaraan sebagai wujud upaya pengelola aset daerah.  

Kegiatan inventarisasi aset merupakan serangkaian kegiatan untuk melakukan pendataan, pencatatan, pelaporan hasil pendataan aset, dan mendokumentasikannya baik aset berwujud maupun aset tidak berwujud pada suatu waktu tertentu.  Menyiapkan dan menyediakan bahan laporan pertanggungjawaban atas penguasaan dan pengelolaan aset negara

Dengan pemeriksaan satu per satu kendaraan dengan melihat wujud kendaraan dapat diketahui secara jelas. perawatan kendaraan yang telah dilakukan. Dengan adanya pemeriksaan ini pemeriksa berharap pemegang kendaraan dapat bertanggung jawab melakukan perawatan. Selain itu, pemegang kendaraan harus memanfaatkan kendaraan sesuai fungsinya.

Kegiatan ini termasuk dalam kegiatan  pemeriksaan aset agar aset yang ada dapat dirawat dan jangan sampai ketika melakukan penganggaran setiap dinas ingin menambah jumlah kendaraan. Selain itu pada pemeriksaan ini juga dapat melihat kebersihan kendaraan, diharapkan kondisi kendaraan dinas dapat diperhatikan.

Dengan adanya rutinitas pemeriksaan kendaraan, pemegang kendaraan terdorong untuk melakukan perawatan. Pemegang kendaraan wajib melakukan pemeliharaan. Jika perawatan kendaraan dilakukan secara rutin, berdampak terhadap masa penyusutan kendaraan menjadi cukup lama. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 1/PMK.06/2013 tentang penyusutan barang milik Negara berupa aset tetap.

Kendaraan yang  sudah tidak layak dan kondisi sudah semakin susut, selanjutnya akan di lelang dengan tata cara penghapusan BMN yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 169/PMK.06/2010  tentang tata cara penghapusan barang milik Negara.

Hasil pemeriksaan kendaraan ini kemudian akan di laporkan untuk kemudian dilakukan perumusan kegiatan atas hasil temuan di lapangan baik jumlah kendaraan yang masih layak maupun tidak layak.

Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap dengan adanya kegiatan ini akan memotivasi para ASN yang memiliki kendaraan dinas agar dalam memelihara kendaraan dinasnya sebagai fasilitas untuk melakukan kegiatan kesehariannya dan selalu menjaga kondisi kendaraan dinasnya tetap dalam kondisi prima sesuai dengan usia kendaraan dinas tersebut sehingga dapat dipergunakan dalam melaksanakan tugas  pemerintahan yaitu melayani masyarakat dengan  pelayanan prima yang pada akhirnya akan meningkatkan indeks pembangunan .masyarakat di wilayah Kabupaten Serang