Image
By agus

Lomba FLSSN, FLLN, OSN dan Pemilihan Siswa Berprestasi SD di Cikande

Kamis, 07 Februari 2019; |  Jam 14:10:42 WIB  |  0 comments

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang menyelenggarakan FLSSN (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional), Festival Lomba Literasi Nasional, OSN (Olimpiade Sains Nasional) dan Pemilihan Siswa Berprestasi Sekolah Dasar tingkat Kecamatan Cikande yang diselenggarakan di SD Julang Cikande, Kabupaten Serang 6 Februari 2019. Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah dan yang sederajat.

Kabid Pembinaan Sekolah Dasar pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, Aber Nurhadi. menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pembinaan karakter peserta didik agar tumbuh dan berkembang secara seimbang baik jasmani dan rohani.

Berdasarkan petunjuk teknis juknis FLSSN Sekolah Dasar tahun 2019 tema festival dan lomba seni siswa nasional Sekolah Dasar Tahun 2019 adalah kecintaan terhadap seni dan budaya bangsa menguatkan karakter mengubah daya cipta serta membentuk kelembutan hati. Festival dan lomba seni siswa nasional (FLSSN) merupakan salah satu wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik sekolah dasar dengan mengedepankan sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Aber lebih lanjut menjelaskan lomba literasi nasional siswa sekolah dasar merupakan sarana pertemuan dan pembelajaran antar peserta didik untuk mengikuti lomba menulis cerita pendek, lomba baca puisi, lomba cipta pantun, lomba cipta syair dan lomba mendongeng. Kegiatan ini diharapkan dapat memacu peserta didik untuk melakukan oleh budi penalaran dan kreativitas sehingga melahirkan generasi kreatif Indonesia yang bahagia

Selain kegiatan FLSSN dan Lomba Literasi Nasional juga diselenggarakan kegiatan Olimpiade Sains Nasional yang merupakan ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang mewakili sekolahnya untuk diseleksi tingkat kecamatan dan pemenang akan mengikuti kegiatan tingkat kabupaten yang akan diselanggarakan pada bulan maret 2019.  

Begitu pula dengan Lomba Siswa Berprestasi yang merupakan kegiatan yang akan mengukur prestasi siswa dalam segi akademik, keterampilan dan sikap. Lomba ini diharapkan bisa mengembangkan potensi siswa secara utuh dan komprehensif.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Hasanah mengharapkan dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan mutu pendidikan tingkat sekolah dasar dan akan meningkatkan budaya seni antar siswa dan warga masyarakat di wilayah Kabupaten Serang yang pada akhirnya akan meningkatkan indeks pembangunan manusia di bidang pendidikan dan kebudayaan