Image
By agus

Rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah

Kamis, 07 Februari 2019; |  Jam 14:05:07 WIB  |  0 comments

Pada hari Rabu tanggal 6 Februari 2019 bertempat di ruang  rapat Tb Saparudin Sekretariat Daerah Kabupaten Serang diadakan rapat tim pengendalian inflasi daerah yang dihadiri oleh Asda 2 dan OPD terkait .

Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID merupakan tim yang bertugas memantau dan menyiapkan langkah-langkah  untuk mengatasi permasalahan inflasi khususnya di didaerah. Tim pengendalian inflasi di tingkat pusat sendiri sudah ada sejak tahun 2005. Penguatan koordinasi kemudian dilanjutkan dengan membentuk Tim Pengendalian Inflasi di level daerah (TPID).

Dorongan pembentukan TPID di tiap Kabupaten/Kota ini diperkuat melalui Instruksi Mendagri (Inmendagri) No. 027/1696/SJ tanggal 2 April 2013, tentang Menjaga Keterjangkauan Barang dan Jasa di Daerah sebagai pedoman bagi daerah dalam pelaksanaan koordinasi TPID dalam menjaga stabilitas harga, serta untuk penyeragaman struktur organisasi/kelembagaan TPID hingga level Kabupaten/Kota

Dalam pertemuan selanjutnya diharapkan dapat terbentuk Tim Teknis TPID Kabupaten Serang Tahun 2019 dan Tim Eksekutif TPID serta dapat menyusun Roadmap sehingga tujuan akhir dapat tercapai.

Dengan adanya TPID diharapkan dapat mengatasi permasalahan inflasi khususnya di Kabupaten Serang.  Inflasi sendiri Wikipedia inflasi adalah Dalam ilmu ekonomi, inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang.[1] Dengan kata lain, inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu. Inflasi adalah proses dari suatu peristiwa, bukan tinggi-rendahnya tingkat harga. Artinya, tingkat harga yang dianggap tinggi belum tentu menunjukan inflasi. Inflasi adalah indikator untuk melihat tingkat perubahan, dan dianggap terjadi jika proses kenaikan harga berlangsung secara terus-menerus dan saling pengaruh-memengaruhi. Istilah inflasi juga digunakan untuk mengartikan peningkatan persediaan uang yang kadangkala dilihat sebagai penyebab meningkatnya harga.

Inflasi dapat digolongkan menjadi empat golongan, yaitu inflasi ringan, sedang, berat, dan hiperinflasi. Inflasi ringan terjadi apabila kenaikan harga berada di bawah angka 10% setahun; inflasi sedang antara 10%—30% setahun; berat antara 30%—100% setahun; dan hiperinflasi atau inflasi tak terkendali terjadi apabila kenaikan harga berada di atas 100% setahun.

Dampak buruk dari inflasi daerah harus bisa dikendalikan oleh pemerintah daerah karena berkaitan dengan hajat hidup orang banyak di mana tingginya inflasi dapat meningkatkan jumlah penduduk miskin di Pemerintah Kabupaten Serang. Inflasi  harus dikendalikan dengan cara menstabilkan suplai barang yang ada yang beredar di wilayah Kabupaten Serang tentunya juga dimana karena jumlah suplai terlalu rendah maka harga akan melambung tinggi sebaliknya jika jumlah suplai terlalu tinggi akan mengakibatkan harga merosot yang pada akhirnya akan merugikan pihak produsen.

Beberapa contoh produk yang harus diperhatikan tingkat supply dan demand  utamanya adalah produk sembako terlebih-lebih apabila sembako tersebut diproduksi oleh petani di wilayah Kabupaten Serang. Harga sembako yang tinggi akan menyebabkan masyarakat tidak mampu membeli barang namun harga sembako yang terlalu rendah juga akan menyebabkan petani  kesusahan karena harga jualnya sehingga mereka tidak mendapatkan keuntungan yang wajar akibatnya mereka tidak akan bisa melanjutkan pekerjaannya sebagai petani.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan dengan tim pemantau pengendalian inflasi daerah ini akan menjaga tingkat inflasi daerah sehingga masyarakat Kabupaten Serang bisa terhindar dari kemiskinan yang muncul akibat adanya inflasi sehingga  indek pembangunan manusia di wilayah kabupaten serang tetap baik dan meningkat