Image
By Ar

BENTUK PEMAHAMAN TENTANG TUGAS DAN FUNGSI LINMAS MELALUI SOSIALISASI

Jumat, 30 November 2018; |  Jam 08:56:49 WIB  |  0 comments

Pada tanggal 21 November 2018 telah berlangsung Sosialisasi Linmas Desa se-Kecamatan Carenang yang bertempat di Aula Kecamatan Carenang. Dalam kegiatannya narasumber yang mengisi sosialisasi tersebut merupakan Dinas Pol PP Kabupaten Serang dan Kapolsek Carenang.

Sosialisasi Linmas diadakan dengan tujuan peningkatan peran dalam perlindungan masyarakat, Dalam sosialisasi ini sebagai bentuk pemberian pemahaman  dan pemberdayaan Satlinmas Kecamatan Carenang tentang peran dan fungsinya dalam memberikan pengamanan kepada masyarakat.

Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan mentri Dalam Negeri nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum pada pasal 1 butir 1 yaitu: Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan dengan diselenggarakannya sosialisasi yang berhubungan dengan Linmas, dapat memperkuat tikat keamanan, ketentraman, dan ketertiban dilingkungan masyarakat.