Image
By Ar

SOSIALISASI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

Jumat, 30 November 2018; |  Jam 08:56:06 WIB  |  0 comments

Pada tanggal 21 November 2018, SETDA bagian Hukum Kabupaten Serang  telah melangsungkan Sosialisasi Perda Kab. Serang no.2 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Keuangan Desa yang dilaksanakan di Guedung Serba Guna Kecamatan Kopo. Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Sekmat Kopo, Drs. Edi Sumardi dengan Narasumber acara Bapak Epi Priatna selaku Sekretaris Inspektorat Kab. Serang dan Bapak Rudi selaku DPMD Kab. Serang. Adapun peserta dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah Kades, Sekdes, Bendahara dan Ketua BPD se-Kecamatan Kopo.

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk menjadikan landasan Pemerintah Desa dalam mengelola keuangna desa dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa agar perencanaan anggara dapat dengan mudah terealisasikan.

Pemerintah Desa atau yang disebut juga Pemdes merupakan lembaga pemerintah yang bertugas mengelola wilayah tingkat desa. Lembaga ini juga memiliki wewenang dalam memimpin penyelenggaraan pemerintah bedasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama Badan Perwakilan Desa (BPD). Selain itu Pemerintah Desa juga berwenang dalam menyusun dan mengajukan rancangan peraturan desa mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) untuk dibahas dan ditetapkan bersama BPD.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan kegiatan tersebut dapat menumbuhkan produktifitas kinerja Pemerintah Desa dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa sesuai dengan Peraturan Daerah yang berlaku.