Image
By Administrator

Kegiatan pelayanan satgas pencegahan Tk Non Prosudural

Kamis, 22 November 2018; |  Jam 14:44:41 WIB  |  0 comments

Pada 02 September 2018, camat Kopo mengikuti kegiatan pelayanan satgas pencegahan Tk Non Prosudural yang berlangsung di Kantor desa kopo.

Tenaga Kerja Indonesia (disingkat TKI) adalah sebutan bagi warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri (seperti Malaysia, Timur Tengah, Taiwan, uganda dan somalia) dalam hubungan kerja untuk jangka waktu tertentu dengan menerima upah. Namun, istilah TKI. seringkali dikonotasikan dengan pekerja kasar karena TKI sejatinya memang adalah kumpulan tenaga kerja unskill yang merupakan program pemerintah untuk menekan angka pengangguran. TKI perempuan seringkali disebut Tenaga Kerja Wanita (TKW).

Satgas pencegahan TK Non Prosedural merupakan langkah Kementrian Ketenagakerjaan untuk meningkatkan upaya perlindungan terhadap tenaga kerja Indonesia. Satgas TKI Non Prosedural yang digagas Kemnaker sudah bekerja sejak tahun 2011. Sebagai hasil nyata kinerja Satgas Pencegahan TKI Non Prosedural, pada tahun 2017 Kemnaker bekerjasama dengan Bareskrim POLRI telah melakukan 3 kali penggeledahan di lokasi yang berbeda terhadap kantor maupun penampungan Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS). Langkah selanjutnya, Kemnaker mencabut ijin PPTKIS yang diduga melakukan tindak pidana perdagangan manusia.

Dengan adanya kegiatan pelayanan satgas pencegahan Tk Non Prosedural, pemerintah Kabupaten Serang dibawah pimpinan Ratu Tatu Chasanah berharap agar terjaminnya perlindungan dan keselamatan kerja bagi tenaga kerja Indonesia.