Image
By Ar

KECAMATAN CARENANG GELAR RAPAT SIDANG ISBAT NIKAH

Kamis, 15 November 2018; |  Jam 09:02:07 WIB  |  0 comments

Pada tanggal 12 November 2018, Kecamatan Carenang telah melangsungkan rapat pengurus terkait isbat nikah. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekat Kepala KUA, Koramil dan Anggotanya.

Pada dasarnya, tiap-tiap perkawinan dicatat menurut ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Isbat nikah dilakukan sebagai akibat dari nikah tanpa dicatat/ tidak punya akta nikah. Adanya isbat nikah yang di selenggarakan bertujuan agar pasangan suami istri yang namanya belum tercatat dan tidak mempunyai kekuatan hukum, bisa mengajukan diri untuk dilakukannya isbat nikah, agar perkawinan tersebut dinyatakan sah dan diperintahkan kepada PPN/KUA Kecamatan setempat mencatat perkawinan itu dan memberikan Kutipan Akta Nikah berdasarkan Keputusan Pengadilan Agama tersebut.

Sidang isbat nikah adalah permohonan pengesahan nikah yang diajukan kepengadilan untuk dinyatakan sah-nya pernikahan dan memiliki kekuatan hukum. Biasanya sidang ini diadakan bagi pasangan yang pernikahannya belum dicatat negara, kehilangan buku nikah, atau menikah sebelum tahun 1974. Pemohon diminta mengisi formulir pengajuan sidang isbat, membayar biaya perkara, menunggu panggilan sidang, menghadirkan bukti dan saksi, dan akhirnya menerima keputusan pengadilan.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan dengan diberlangsungkannya isbat nikah ini, pasangan suami istri yang belum dinyatakan sah-nya pernikahan dapat memiliki kekuatan hukum dan perkawinannya tercatat oleh KUA kecamatan setempat.