Image
By Ar

Program Keswamas Dalam Rangka Pelayanan ODGJ

Rabu, 12 September 2018; |  Jam 14:20:23 WIB  |  0 comments

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab.Serang telah melaksanakan Per Review Program Kesehatan Jiwa Masyarakat (Keswamas) yang di hadiri oleh lintas sektoral yang bertempat di Padarincang,Ciomas dalam rangka pelayanan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Seperti yang diketahui Gangguan mental atau penyakit kejiwaan adalah pola psikologis atau perilaku yang pada umumnya terkait dengan stres atau kelainan mental yang tidak dianggap sebagai bagian dari perkembangan normal manusia.[1] Gangguan tersebut didefinisikan sebagai kombinasi afektif, perilaku, komponen kognitif atau persepsi yang berhubungan dengan fungsi tertentu pada daerah otak atau sistem saraf yang menjalankan fungsi sosial manusia. Penemuan dan pengetahuan tentang kondisi kesehatan mental telah berubah sepanjang perubahan waktu dan perubahan budaya, dan saat ini masih terdapat perbedaan tentang definisi, penilaan dan klasifikasi, meskipun kriteria pedoman standar telah digunakan secara luas. Lebih dari sepertiga orang di sebagian besar negara-negara melaporkan masalah pada satu waktu pada hidup mereka yang memenuhi kriteria salah satu atau beberapa tipe umum dari kelainan mental.

Dengan adanya program tersebut, pemerintah Kabupaten Serang dibawah naungan Ratu Tatu Chasanah berharap agar program pelayanan ODGJ tersebut dapat berjalan secara lancar dan berkelanjutan.