Image
By Ar

PEMERINTAH PERSIAPKAN KEBIJAKAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF PROVINSI BANTEN

Kamis, 06 September 2018; |  Jam 10:53:32 WIB  |  0 comments

Pada tanggal 26 Februari 2018, Sekertaris Kepala Dinas lakukan rapat koordinasi perumusan kebijakan pariwisata dan ekonomi kreatif Provinsi Banten. Bertempat di ruang rapat Biro Adpem Gd. SKP KP3B.

Rapat tersebut bertujuan untuk menetapkan kebijakan pariwisata dan ekonomi kreatif. Melihat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Banten meningkat. Maka perlu adanya kebiajakan yang di berikan agar lebih tertata dan terkelola dengan baik.

Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, merupakan definisi oleh Organisasi Pariwisata Dunia.

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Konsep ini biasanya akan didukung dengan keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya. Seiring berjalannya waktu, perkembangan ekonomi sampai pada taraf ekonomi kreatif setelah beberapa waktu sebelumnya, dunia dihadapi dengan konsep ekonomi informasi yang mana informasi menjadi hal yang utama dalam pengembangan ekonomi.

Menurut Undang Undang No. 10/2009 tentang Kepariwisataan, yang dimaksud dengan pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, Pemerintah dan Pemerintah Daerah

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan dapat meningkatkan fasilitas serta memudahkan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Serta meingkatkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Prov. Banten.