Image
By Ar

PEMERINTAH BERIKAN BANTUAN JAMSOSRATU PADA MASYARAKAT KURANG MAMPU

Kamis, 06 September 2018; |  Jam 08:44:55 WIB  |  0 comments

Pada tanggal 05 Februari 2018 telah di laksanakan rapat rutin PKH dan JAMSOSRATU oleh kepala dinas sosial yang bertempat di aula dinas Kab. Serang dan di lanjutkan kembali pada tanggal 02 Maret 2018.

rapat yang di selenggarakan guna membahas jaminan sosial rakyat Banten bersatu (JAMSOSRATU) dan program penanggulangan kemiskinan. Kegiatan tersebut adalah kebijakan pemerintah prov. Banten yang di peruntukan kepada warga kurang mampu.

Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH. Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkanberbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Melalui PKH, KPM didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan. PKH diarahkan untuk menjadi tulang punggung penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional.

Program Jamsosratu merupakan program inovasi Gubernur Banten yang memadukan program Keluarga Harapan dengan program Asuransi Kesejahteraan Sosial (Askesos) yang merupakan program dari Kementerian Sosial RI yang bertujuan untuk meningkatkan keberdayaan sosial rumah tangga sangat miskin.

Program Jamsosratu dilaksanakan dengan berpedoman pada Peraturan Gubernur Banten Nomor 2 Tahun 2013 tantang Petunjuk Pelaksanaan Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu di Provinsi Banten.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan adanya kegiatan ini dapat membantu warga Banten dalam bidang perekonomian dan kesehatan.