Image
By Administrator

Peningkatan Produktivitas Kerja yang Berkesinambungan Disambut Baik oleh BSN

Jumat, 31 Agustus 2018; |  Jam 07:12:46 WIB  |  4 comments

Serang – Kamis 1 Februari 2018 dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja yang berkesinambungan dengan didukung prosedur kerja, sistem manajemen, dan porsonel yang handal sehingga akan sangat membantu terhadap kelancaran pelaksanaan roda pemerintahan khususnya di lingkungan Inspektorat Kabupaten Serang yang tentunya terstandarisasi secara Nasional, maka Inspektur Kabupaten Serang beserta jajarannya melakukan konsultasi ke Badan Standardisasi Nasional yang berkantor di Jalan M.H. Thamrin No. 8, Kebon Sirih, Gedung I BPPT, Kec. Menteng, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

 

Rombongan dari Inspektorat Kabupaten Serang disambut dengan sangat baik oleh Inspektur Jendral Badan Standardisasi Nasional (Bpk. Heru Suseno, SP.i, MT) beserta jajarannya. Ada beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai catatan dalam pertemuan tersebut diantaranya adalah :

1. Standarisasi dan kesesuaian penilaian merupakan hal yang dilakukan oleh BSN dan akan dilaksanakan di Inspektorat Kabupaten Serang.

2. Waktu pendampingan sampai sertifikasi waktunya relatif, sesuai dengan kesiapan dari instruksi yang menjadi standarisasi, dan rencana pendampingan di Inspektorat Kabupaten Serang akan dilaksanakan Bulan Februari 2018.

3. Dokumen yang sudah tersedia akan dirangkaikan menjadi satu dokumen.

4. Biaya yang ditimbulkan dari kegiatan standarisasi dan sertifikasi ISO 9001 tahun 2015 dan ISO 37001 tahun 2016 dibebankan pada APBD Kabupaten Serang dan diharapkan bisa selesai akhir Bulan Februari 2018.

 

Inspektur Inspektorat Kabupaten Serang menekankan kepada seluruh jajarannya dengan melakukan standarisasi dan sertifikasi ISO 9001 tahun 2015 dan ISO 37001 tahun 2016 maka akan memberikan manfaat terhadap kelancaran dan kompetensi Organisasi, hal ini dapat dilihat dari manfaat ISO 9001 (Quality Management System) :

 

1. Jaminan Kualitas Produk dan Proses

2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

3. Meningkatkan produkstivitas Organisasi

4. Meningkatkan Hubungan Yang saling menguntungkan

5. Meningkatkan cost Efisiense

 

Sedangkan manfaat dari ISO 37001 (Anti-bribery management systems):

1. membantu organisasi dalam sistem manajemen

2. Sebagai jaminan kepada stakeholders bahwa organisasi telah melaksanakan praktek kontrol anti suap yang diakui secara internasional

3. Apabila ada penyelidikan bisa menjadi bukti bahwa organisasi telah mengambil langkah pencegahan korupsi dan suap

 

Dalam SNI ISO 37001 juga mencakup 8 pembahasan yaitu ; 1) penyuapan disektor publik, swasta dan nirlaba, 2) penyuapan oleh organisasi, 3) Penyuapan oleh personal organisasi, 4) penyuapan oleh rekan bisnis organisasi, 5) penyuapan kepada organisasi, 6) penyuapan kepada personal organisasi, 7) penyuapan kepada rekan bisnis organisasi, 8) penyuapan langsung dan tidak langsung

 

SNI ISO 9001 dan SNI 37001 hanya merupakan salah satu cara untuk memperbaiki organisasi melalui pendekatan sistem manajemen untuk meminimalisir terjadinya fraud, inefektifitas, dan inefisiensi kerja, bagaimanapun niat dan tekad untuk terus berbenah dan memperbaiki diri agar bisa memberi manfaat kepada lingkungan sekitar adalah yang utama sesuai dengan Hadits Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

 

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni

4 komentar pada artikel ini