Image
By Administrator

Desa Wajib Bayar Non Tunai

Senin, 13 Agustus 2018; |  Jam 10:05:57 WIB  |  6 comments

SERANG – Penggunan dana desa (DD) dan anggaran dana desa (ADD) diperketat yakni dengan diberlakukannya pembayaran non tunai. Seperti pembayaran untuk belanja kebutuhan pembangunan jalan harus dilekukan dengan cara transfer. Peraturan tersebut mulai diterapkan tahun ini dan berlaku seluruh desa di Kabupaten Serang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masayarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Abdullah mengatakan, peraturan pembayaran non tunai diberlakukan sesuai surat edaran dari pemerintah pusat. “Surat edaran dari pusat, pelaksanaanya misalkan beli matrial, pasir, nanti setelah di jumlah  berapa (harga, red), nanti di bayarnya melalui transfer,” ujar Abdullah, kemarin.

Meski demikian, pembayaran non tunai baru bisa dilakukan setelah barang yang diminta pemerintah desa sudah berada dikirim penjual. Namun, Abdullah menegaskan, bawa ada toleransi bahwa pembayaran bisa dilakukan untuk belanja kebutuhan yang dilakukan ke masyarakat. “Tapi kalo yang belanjanya di masyarakat kaya pembelian bambu ga perlu non tunai (kas, red),” tegasnya.

Secara teknis, pemerintah desa diwajibkan membuat dokumentasi atas barang yang sudah dibeli. Sebab, bakal dibutuhkan untuk bahan surat pertanggung jawaban. Itu dilakukan lanjutnya, untuk menertibkan penggunaan dana desa. “Agar regulasi keuangn tidak semraut. Ini kan proses pembelajaran. Cuma memang pas SPJnya namanya belanja barang harus ada kwitansinya,” tegasnya.

Tidak hanya belanja barang, pembayaran non tunai juga diberlakukan untuk gaji pegawai pdemerintah desa. “Insentif  aparat juga kan melalui rekening. Selama ini tunia. Jadi manfaatnya baik untuk meminimalisir permasalahan yang sudah kita hadapi. Seluruh desa wajib,” katanya.

Sementara untuk pencairan dana desa sendiri, diklaim Abdullah sudah mencapai 85 persen pada tahap pertama. Penggunaanya, masih difokuskan untuk pembangunan infrastruktur jalan. “Kita sekarang masih fisik, jalan kampung yang harus di perbaiki,” ujarnya. Jika semua poros jalan sudah baik. Penggunaan dana desa dilanjutkan untuk pemberdayaan masyarakat. “nanti sudah selesai pemberdayaan dalam kontek masyarakat,” tegasnya. (FAN)

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah terus mendorong kemajuan desa.

6 komentar pada artikel ini

    yandex.ru
    30 Oktober 2018 - 13:24:47 WIB
    baik sekali agan membuat informasi yang bagus seperti ini lanjutkan


    yandex.ru
    30 Oktober 2018 - 13:24:49 WIB
    baik sekali agan membuat informasi yang bagus seperti ini lanjutkan


    toko bunga buket solo
    12 November 2018 - 16:05:59 WIB
    TQ sob atas infonya


    toko bunga buket solo
    12 November 2018 - 16:06:03 WIB
    TQ sob atas infonya


    pembicara seo
    13 November 2018 - 00:53:33 WIB
    ditunggu update selanjutnya


    pembicara seo
    13 November 2018 - 00:53:34 WIB
    ditunggu update selanjutnya


    << First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

    Isi Komentar