Image
By Administrator

IKBA Merupakan Wadah Kegiatan Keluarga yang Mempunyai Balita-Anak

Selasa, 07 Agustus 2018; |  Jam 22:14:59 WIB  |  0 comments

Pada tanggal 17 Januari 2018 Kabid PPPPKB menghadiri rapat IKBA di kantor DKBPPPA yang kemudian dilanjutkan pada tanggal 3 Februari 2018 di Aula PKK. Ikatan Kader Bina Keluarga Anak Balita (IKBA) ini dibentuk untuk mengubah pola pikir keluarga dalam memberikan pendidikan pertama bagi anak dan memberikan pengarahan bagi keluarga agar membentengi buah hatinya dari pergaulan yang tidak diinginkan.

Menurut pendapat para ahli: Masa balita adalah masa emas (Golden Age Period) oleh sebab itu balita harus dibina secara baik agar terbentuk perkembangan emosional, mental, intelektual dan moral yang sehat sebagai penentu sikap dan prilaku dikemudian hari.

IKBA merupakan wadah kegiatan keluarga yang mempunyai balita-anak, bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orangtua (ayah dan ibu) dan anggota keluarga lain untuk mengasuh dan membina tumbuh kembang anak melalui kegiatan stimulasi fisik, mental, intelektual, emosional, spiritual, sosial, dan moral untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam rangka meningkatkan kesertaan, pembinaan, dan kemandirian ber-KB bagi pasangan usia subur (PUS) anggota kelompok kegiatan.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap dengan adanya IKBA ini akan menambah pengetahuan orangtua dan anggota keluarga di Kabupaten Serang untuk mengasuh, membina dan menjaga tumbuh kembang anak supaya jauh  dari hal-hal yang tidak diinginkan dan kemudian menjadi pemuda-pemudi harapan bangsa yang siap mengabdi untuk masyarakat.