Image
By Administrator

Rapat Koordinasi Kehumasan dalam Penggerakkan KKBPK di BkkBN Provinsi Banten

Selasa, 07 Agustus 2018; |  Jam 22:11:37 WIB  |  0 comments

Pada tanggal 11 januari Kabid PPPPKB menghadiri Koordinasi Kehumasan dalam Penggerakkan KKBPK di BkkBN Provinsi Banten. Penyuluhan kehumasan ini diperlukan karena gerakan Keluarga Berencana saat ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat sehingga perlu adanya upaya untuk mempopulerkan kembali untuk mengurangi perkembangan populasi jumlah penduduk di Kabupaten Serang khususnya.

Di era otonomi daerah,  program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di tingkat Kabupaten/Kota memang menjadi kewenangan daerah bahkan menjadi urusan wajib sesuai dengan amanat  PP No 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Oleh sebab itu, daerah memiliki keleluasaan untuk mengembangan program KKBPK ini agar lebih berhasil dan bermanfaat bagi orang banyak. Keberhasilan program KKBPK ini dapat dilihat dari 3 aspek: pertama, dari aspek pengendalian kuantitas penduduk, kedua, dari aspek peningkatan kualitas penduduk yang dalam hal ini diukur dengan peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarganya. Peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga dapat ditelusur melalui berbagi indikator  yang merupakan pencerminan dari pelaksanaan 8 fungsi keluarga sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah No 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga. Dalam PP tersebut disebutkan bahwa 8 fungsi keluarga meliputi: (1) fungsi keagamaan, (2) fungsi social budaya, (3) fungsi cinta kasih, (4) fungsi perlindungan, (5) fungsi reproduksi, (6) fungsi sosialisasi dan pendidikan, (7) fungsi ekonomi dan (8) fungsi pembinaan lingkungan.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap dengan adanya program KKBPK ini akan meningkatkan kepekaan masyarakat tentang program Keluarga Berencana dan menekan tingkat perkembangan populasi jumlah penduduk di Kabupaten Serang.