Image
By Administrator

10 BESAR PENYAKIT RAWAT JALAN BULAN MEI 2017 DI RSUD DR. DRADJAT PRAWIRANEGARA – DEMAM

Selasa, 02 Juni 2017; |  Jam 10:09:06 WIB  |  19 comments

Demam adalah peningkatan suhu tubuh sementara dalam menanggapi penyakit atau rasa sakit. Suhu tubuh kita tidak selalu sama sepanjang hari. Bahkan, biasanya lebih tinggi di sore hari. Namun, jika suhu Anda lebih tinggi dari 38oC, maka Anda mengalami demam. Demam biasanya terjadi akibat tubuh terpapar infeksi mikroorganisme (virus, bakteri, parasit). Demam juga bisa disebabkan oleh faktor non infeksi seperti kompleks imun, atau inflamasi (peradangan) lainnya. Ketika virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh, berbagai jenis sel darah putih atau leukosit melepaskan “zat penyebab demam (pirogen endogen)” yang selanjutnya memicu produksi prostaglandin E2 di hipotalamus anterior, yang kemudian meningkatkan nilai-ambang temperatur dan terjadilah demam. Selama demam, hipotalamus cermat mengendalikan kenaikan suhu sehingga suhu tubuh jarang sekali melebihi 41ºC.

Demam bisa muncul pada keganasan (kanker), dehidrasi, drug fever, heat stroke, koma, perdarahan otak, dan lain-lain. Penyebab demam tersering adalah infeksi. Bisa infeksi virus atau infeksi bakteri. Influenza adalah penyakit infeksi virus yang paling sering menyebabkan demam. Demam berdarah dengue (DBD), demam typhoid, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), infeksi telinga (congek), malaria, campak, infeksi saluran kencing, demam reumatik, hepatitis (sakit kuning) sering pula menyebabkan demam. Kadang-kadang penyebab demam tidak diketahui. Ini dikenal sebagai Fever of Unknown Origin (FUO).

Gejala yang umum dari demam adalah merasa dingin ketika orang lain tidak merasa dingin, menggigil, kulit Anda terasa panas jika disentuh, sakit kepala, kehilangan selera makan, dehidrasi, depresi, sulit konsentrasi, kantuk, berkeringat.

Di RSUD dr. Dradjat Prawiranegara dikabupaten serang yang dibawah pimpinan Ratu Tatu Chasanah, Demamtermasuk kedalam 10 besar penyakit dalam kategori Rawat Jalan dan menempati posisi kedua pada bulan Mei 2017 dan tercatat 112 kasus baru dimana pasien laki-laki sebanyak 53 pasien dan perempuan sebanyak 59 pasien.

 

Tags:  Berita |308|

19 komentar pada artikel ini