Image
By Administrator

Atraksi Ratusan Pesilat di Ajang AKCF Raih Rekor MURI

Selasa, 25 Agustus 2017; |  Jam 12:35:44 WIB  |  0 comments

Ratusan pesilat dari berbagai perguruan silat memadati tepi Pantai Florida Kecamatan Cinangka untuk menampilkan jurus gerak Kaserangan. Penampilan ratusan pesilat tersebut meraih Rekor MURI dalam ajang Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2017, Minggu 20 Agustus 2017 lalu.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan bahwa dengan melalui penciptaan jurus gerak Kaserangan yang ditampilkan dalam ajang AKCF 2017 ini diharapkan dapat memperkuat persatuan dan kesatuan para pesilat melalui jurus bersama yang masih berciri khas Banten. “ Jurus tersebut ditampilkan pada pagelaran Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2017 yang diikuti dari sekitar 40 paguron dari Kabupaten Serang.

Bukan hanya para pesilat saja yang hadir dalam event tersebut, tapi juga diikuti oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Pj.Sekda Kab.Serang Agus Erwana dan Ketua Pendekar Muda Banten Pilar Saga Ichsan.

Menurut Bupati, dirinya hanya menggagas agar di Kabupaten Serang punya ciri khas jurus silat yang bisa dipelajari oleh para pendekar. Tatu berharap, dengan jurus baru tersebut, kesatuan dan persatuan para pendekar dari puluhan paguron tersebut semakin kuat. “ Insyaallah jurus ini akan dilombakan di berbagai event, “ ujarnya. Dilihat dari geraknya, jurus silat kaserangan ini kental dengan nuansa kebantenan . Apalagi selain gerak penuh kekuatan, diakhir jurus para pesilat diwajibkan menampilkan atraksi debus. Gagasan ada debus dalam jurus kaserangan ini digagas oleh Pilar Saga Ichsan, Ketua Pendekar Muda Banten yang juga putra Bupati Serang tersebut.

Gubernur Banten Wahidin Halim yang ikut membuka acara tersebut berharap pelaksanaan Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2017 tersebut dapat memberikan makna agar warga sekitar bisa menjaga alam secara baik. Sehingga objek wisata pantai ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Banten. Ia juga menghimbau agar pemilik hotel memberikan kontribusi dengan menjaga kebersihan di tempat wisata.

“ Berapapun biaya yang dibutuhkan, akan kami dukung untuk memajukan pariwisata di Banten, kalau bisa pemda bikin kelompok bebersih agar wisata menjadi aman dan nyaman, “ ungkapnya.

Wahidin menambahkan agar pemerintah daerah (pemda) mengelola wisata dilakukan secara kolaborasi dengan pemerintah Provinsi Banten sehingga potensi wisata Banten terangkat ke nasional dan sampai internasional. Provinsi Banten akan melakukan pelebaran jalan utama akses ketempat wisata Anyer tersebut. “ Kami sudah mengajukan ke pemerintah pusat untuk melebarkan jalan utama dan sudah disetujui, wisata juga kita angkat pada kearifan lokal yang terdapat di daerah agar bisa dikenal secara nasional, “ imbuhnya. ***

#pemerintahkabupatenserang #ipm #bupati #RTC #namakegiatan #beritapositif

           

Tags:  Berita |168|

0 komentar pada artikel ini

    Isi Komentar